BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

About Me

Foto saya
KAMI BER 3 ADALAH MAHASISWA UMK DARI PROGDI SISTEM INFORMASI, FAKULTAS TEKNIK.

Selasa, 23 Maret 2010

Pengenalan Syntaq pada SQL

PENGERTIAN

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data rasional. Bahasa ini secar de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Pemakaian dasar

Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Defination Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap Sistem Manajamen Basis Data (SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan . Artikel ini akan menggunakan bentuk paling umum yang dapat digunakan pada kebanyakan SMBD.

Data Definition Language

DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel,view,userdan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data.


Data Manipulation Language

DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Perintah yang umum dilakukan adalah:

  • SELECT untuk menampilkan data
  • INSERT untuk menambahkan data baru
  • UPDATE untuk mengubah data yang sudah ada
  • DELETE untuk menghapus data

0 komentar: